Hubungan Antara Guru dan Siswa Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas XII-IPS III SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Pelajaran 2018/2019

Tommy Fimi Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara guru dan siswa dalam meningkatkan proses belajar mengajar SMA Negeri 9 Samarinda tahun pelajaran 2018/2019. Sebanyak 196 orang populasi dengan menggunakan random sampling diperoleh sebanyak 20 orang. Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara hubungan guru dan siswa dalam meningkatkan proses belajar mengajar pada siswa kelas XI-IPS III SMA Negeri 9 Samarinda tahun pelajaran 2018/2019. Teknik mengukuran data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pengukuran yakni pengukuran variabel hubungan guru dan siswa serta proses belajajar mengajar dengan menggunakan analisis regresi sederhana.

Dari analisis yang dilakukan yaitu analisis hubungan guru dan siswa terhadap proses belajar mengajar dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai r hitung sebesar 0,872 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat karena berada pada kategori sangat kuat atau berada diantara 0,801-1,000. Sedangkan untuk mengetahui siginifikansi dari data yang dihitung diperoleh T hitung lebih besar dari T tabel atau 7,70>2,20. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan guru dan siswa dalam meningkatkan proses belajar mengajar siswa kelas XI-IPS III SMA Negeri 9 Samarinda maka Ho ditolak dan Ha diterima.


Keywords


Hubungan, Belajar, Sekolah

References


Akhmad, (2012) Hubungan Guru dan Siswa Dalam Pendidikan. Tersedia pada https://akhmadsudrajat.wordpress.com. Diakses pada tanggal 22 Desember 2018

Apsari, Ratih. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2018

Aqib, Zaenal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya, 2013

Bluestein, Jane. 2013. Manajemen Kelas. Jakarta: PT. Indeks, 2013

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajara. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013

Parwati Ni Nyoman. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2108.

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2018.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Reamaja Karya, 2016

Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta, 2008

Sukadi. 2007. Guru Powerfull Guru Masa Depan. Bandung: Kolbu, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.