PERSEPSI TOKO KELONTONG TERHADAP RITEL MODERN DI SAMARINDATAHUN 2019

Margaretha Lasni Rhussary

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat persepsi pedagang terhadap keberadaan ritel modern di Samarinda dan untuk mengetahui bagaimana persepsi Toko Kelontong terhadap keberadaan Ritel modern di Samarinda tahun 2019 dengan subjek penelitiannya berjumlah 12 orang. Jenis penelitian in bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan beberapa subjek penelitian sebagai sumber data dalam melakukan wawancara dan peneliti sebagai instrument dalam melakukan pengamatan dan wawancara langsung dengan alat bantu berupa buku, pulpen, alat perekam, dan camera. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan, bahwa terdapat persepsi pedagang terhadap keberadaan Ritel modern di Samarinda. Bagi mereka keberadaan ritel modern memberikan persepsi yang positif maupun negatif, karena sebagian pedagang merasa di untungkan akibat harga kebutuhan pokok mereka menjadi murah. Namun, untuk pedagang kelontong dan sebagian dari pedagang sepatu/tas merasakan bahwa keberadaan ritel ini memberikan persepsi yang negatif tehadap penjualan, pendapatan dan jumlah konsumen


Keywords


Persepsi Pedagang, Ritel Modern

References


Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Pt.Rineka Cipta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka Cipta

Asri Rani, H.K, 2010. Analisis Perbandingan Sikap Konsumen Dalam Memilih Toko Kelontong Tradisional (Toko Kelontong Tugu Bandar Lampung) Dan Toko Kelontong Modern (Chandra Superstore Cabang Tanjung Karang). Bandar Lampung: Universitas Lampung

Assauri, Sofyan. 2013. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Rajawali Pers.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen pemasarn. Depok : Pt Raja Grafindo Persada

Basu Swastha, 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : BPPE

Boediono. 2000, Ekonomi Mikro, Edisi Kedua, Seri Smopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No I . Jakarta : Perbit Salemba Empat

Bungin Burhan. 2010. Metodologi Penenlitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Eko Sujatmiko, 2014 Kamus IPS, Surakarta: Aksara Sinergi Media Cetakan I

Frida Hasim, 2009 Hukum Dagang, Jakarta : Sinar Grafika

M. Nafarin, 2009. Penganggaran Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat

Moeleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Notoatmodjo. 2005, Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiarto. 2007. Ekonomi Mikro (edisi baru). Jakarta: Pt Gramedia Utama

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta

Sukirno, s. 2006. Ekonomi pembangunan; proses, masalah dan dasar kebijakan. Jakarta: Kencana Prenada Medua Group

Sri Handayani, 2012. Aspek Hukum Perlindungan Kesadaran Hak-Hak Konsumen Produk Pangan Sebagai Upaya Mewujudkan Kemandirian Konsumen: jurnal Humanior

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan Dan Pembinaan Toko Kelontong Tradisional, Pusat Perbelanjaan, Dan Toko Modern

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Windatria, 2018. Dampak Keberadaan Ritel Modern Terhadap Keberlangsungan Riteil Tradisional (Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe). Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.