PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KELINCAHAN TERHADAP HASIL PUKULAN FOREHAND TENIS LAPANGAN PADA MAHASISWA FIP IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR

Tri Nugroho

Abstract


 Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kelincahan Terhadap Hasil Pukulan Forehand Tenis Lapangan pada Mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui metode pembelajaran terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur dan metode mana yang lebih baik, 2) mengetahui pengaruh kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah “Treatment-by-block design 2x2”. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah olahraga pilihan tenis lapangan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Kalimantan Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total responden sebanyak 35 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pengukuran. Analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur (p=0,000). Metode pembelajaran yang efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pukulan forehand mahasiswa adalah metode drill. Hasil pukulan forehand kelompok hasil taktis diperoleh nilai rata-rata sebesar 13,71 dan pada kelompok hasil dril diperoleh nilai rata-rata sebesar 18,83. Tidak terdapat pengaruh kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur (p=161). Tidak ada interaksi metode pembelajaran dan kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur (p=0,735).


Keywords


Pembelajaran, Kelincahan, Pukulan, Tenis

Full Text:

Untitled

References


Adang Suherman dan Agus Mahendra. 2001. Menuju Perkembangan Menyeluruh. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar Menengah. Dirjen Olahraga

Aip Syaifudin. 2003. Atletik. Jakarta: Depdikbud Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Anton Moeliono. M. 2001. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bomemann, et all. 2000. Tennis course techniques and tactics. Germany: Barrons.

Brown, J. 2007. Tennis steps to success. Illionis: Leisure Press. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Cayer, Luis. 1988. Mini tennis novice tennis instruction. Canada: National Coaching Certification System.

Dave, Miley, Miguel and Crepso. 1998. ITF advance manual. London: ITF.

David K Miller. 2002. measurement bay the physical educator. New York: The Graw Hill Companies.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian SMA Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.

Djamarah, S. B., dan Zain, S. 1995. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elliott, Bruce. 2001. Biomechanics and stroke production: implications for the tennis coach. Coaches Review: ITF. 9th Year Issue 24, July 2001

Filipcic, Ales. 2000. The reliability and validity of motor tests in tennis. Coaches Review: March 2000 rev. Page 15.

Glass & Hopkins. 1984. Physical educational and physiology second edition. New Jersey: Prentice Hall.

Granitto, Gustavo., Guizar., Nicolas, and Mota, Marcial. 1998. Drill for improving reception and projection of the ball. ITF Coaches Review, Issue 15 August 1998.

Griffin, L.L., Mitchel, S.A., & Oslin, J.L. 1997. Teaching sport concepts and skill: a tactical games approach. USA: Human Kinetics.

Harsono. 1988. Coaching dan aspek-aspek psikologi dalam coaching. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.

Husdarta, H. J. S. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta

Husdarta dan Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ismaryati. 2010. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: UNES.

KONI. 2003. Latihan kondisi fisik. Jakarta: KONI Pusat.

Lloyd, D. 1989. Successful tennis. England: Sackville Books.

M. Nazir. 2005. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indah.

M. Sajoto. 1995. Pembinaan kondisi fisik dalam olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Ngatman. 1997. Panduan praktikum dan diklat test pengukuran pendidikan olahraga. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta.

________. 2001. Action method dalam tenis (majora edisi Desember). Yogyakarta: FIK UNY.

Nia. 2009. Pendekatan pembelajaran taktis. Tersedia dalam: http//nia_pendekatanpembelajaran-taktis. Diakses Oktober 2011.

Pangrazi. 2004. Dynamic Physical Education For Elementary school Children. Arizona State University. Benjamin Cummings.

PB PELTI. 1990. Pedoman penataran pelatihan tenis tingkat dasar. Jakarta: PB PELTI.

Poerwadarminta, W. J. S. 2001. Kamus bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusaka.

Ralston, D. 1987. Tennis workbook. USA: Prentice Hall International.

Rex Lardner. 2013. The complete guide to tennis. Semarang: Dahara Prize.

Rusli Lutan. 2002. Menuju sehat dan bugar. Jakarta: Depdiknas.

Rusli Lutan. 2000. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusli Lutan. 2004. Supervisi Pendidikan Jasmani : Konsep dan Praktek. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Direktorat Jenderal Keolahragaan.

Sharkey. B. J. 2003. Kebugaran dan kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyanto. 2000. Perkembangan pembelajaran motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharno, HP. 1993. Metodologi pelatihan. Yogyajarta: IKIP Yogyakarta press.

Sukadiyanto. 2002. Teori dan metodologi melatih fisik. Yogyakarta: FIK UNY.

Sukarman. 2001. Bentuk-Bentuk Tugas Ajar dan Pembelajarannya. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Sukintaka. 2004. Teori Pendidikan Jasmani Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung. Nuansa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.