PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGRI 8 DI KOTA YOGYAKARTA

Noredyo Molyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Kemampuan membaca sebagai Variabel Bebas I (X) dan pemahaman membaca bahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah 32 orang siswa SMP Negeri 8 di kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian adalah dua tes. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata berpengaruh terhadap pemahaman membaca bahasa Inggris siswa.


Keywords


penguasaan kosakata, pemahaman membaca bahasa Inggris

Full Text:

Untitled

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar kompetensi dan kompetensi dasar tingkat SMP/MTs dan SMPLB. Jakarta: BSNP.

Chaer, A. (1994). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, S. (2008). Tes bahasa pegangan bagi pengajar bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Grabe, W. (2009). Reading in a second language. New York: Cambridge University Press.

Gunning, T. G. (2010). Reading comprehension boosters. 100 lesson for building

higher-level literacy. San Fransisco: Jossey-Bass.

Johnson, A. P. (2008). Teaching reading and writing. Lanham: United States of America.

Kemendiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus lingistik (Ed. 4). Jakarta: PT Grmedia Pustaka Utama.

Linse, C. T. & Nunan, D. (2006). Practical English language teaching. Boston: McGraw Hill.

Nation, ISP. (2009). Teaching ESL/EFL reading and writing. New York: Routledge

Nawab. (2012). Is it the way to teach language the way we teach la-nguage? English language teaching in rural Pakistan. Academic Research International. Vol 2,2. 696-704.

Nunan, D. (2003). Practical English language teaching. New York: McGraw- Hill.

Rahardi, K. (2009). Bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Jakarta: Erlangga.

Schirmer, B. R. (2010). Teaching the struggling reader. Boston: Pearson Education.

Sugirin. (2013, Mei). Hakikat reading dam implikasinya bagi pembelajaran. Makalah disampaikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thornbury, S. (2002). How to teach vocabulary. Charlbury: Bluestone Press.

Zuchdi, D. (2008). Strategi meningkatkan kemampuan membaca. Yogyakarta:UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.