HUBUNGAN FLEKSIBILITAS TUBUH DENGAN KETEPATAN SMASH DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2019

Ilham Ilham

Abstract


Hubungan antara Fleksibilitas tubuh dengan ketepatan smash dalam permainan sepak takraw pada mahasiswa IKIP PGRI Kalimantan Timur Tahun 2019.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Fleksibilitas tubuh dengan ketepatan smash  dalam permainan sepak takraw pada mahaiswa IKIP PGRI Kalimantan Timur Tahun 2019. Hipotesis alternatif ( Ha ) yang penulis ajukan dalam penulisan ini berbunyi: ada hubungan antara Fleksibilitas tubuh dengan ketepatan smash dalam permainan sepak takraw pada mahaiswa IKIP PGRI Kalimantan Timur Tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis di peroleh nilai r = 0,422 yang termasuk dalam katagori “sedang” yaitu antara 0,400 dan 0,599 Dari hasil analisis uji-t diketahui t-hitung sebesar 2,608 sedangkan nilai t-tabel pada tingkat signifikan 5%, 2,608>2,048. dengan demikian maka hipotesis alternative (Ha) yang diajukan dalam penilitian ini terbukti dan dapat di terima. Artinya ada hubungan antara fleksibilitas tubuh dengan ketepatan smash dalam permainan sepak takraw pada mahaiswa IKIP PGRI Kalimantan Timur Tahun 2019.


Keywords


Latihan Fleksibilits Tubuh dan Ketepatan Smash Sepak Takraw

Full Text:

Untitled

References


Harsono, 2000, Prinsip-prinsip Training and Coaching Sekolah Tinggi Olahraga. Bandung. Proyek Pembinaan Pendidikan Olahraga.

Lukman OT, I999, Kinesiologi Sislem Tubuh yang dilibatkan dalam Gerak. Surabaya. Unipress.

Radelife and Farentinos, 2009, Plyometries Explosive power Training. Second Edition, Humans Kinetics Publishers, Inc Champain Illionis.

Sajoto, 2000, Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang. Dahara Priza.

Soekardjo, 2001, Suatu Cara Menuju Sukses dalam Pertandingan Sepak Takraw. Perguruan Tinggi di IKIP Surabaya.

Harsono, 2000, Prinsip-prinsip Training and Coaching Permainan Sepak Takraw. UNESA.

Sutrisno Hadi, 2001, Statistik 2. Yogyakarta. Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.