PERAN KOMPETENSI INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN VOCATIONAL SKILLS PESERTA PELATIHAN PADA SUB KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN BALAI LATIHAN KERJA (BLK) SAMARINDA

elbadiansyah elbadiansyah, Asri Ainurisa

Abstract


Peran kompetensi instruktur dalam meningkatkan vocational skills peserta pelatihan pada sub kejuruan administrasi perkantoran Balai Latihan Kerja ( BLK ) Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja kualifikasi kompetensi instruktur, faktor pendukung dan penghambat, upaya yang dilakukan instruktur serta peran kompetensi instruktur dalam meningkatkan vocational skills dengan metode pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan triangulasi data. Balai Latihan Kerja ( BLK ) mempunyai tugas pokok melatih pencari kerja sehingga memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang kompeten, berdaya saing dan mampu menciptakan lapangan kerja. Peran kompetensi instruktur adalah sebagai pendidik, pengajar, pemimpin dan motivator serta sebagai pengembang kreatifitas sehingga sangat berpengaruh dalam meningkatkan vocational skills peserta pelatihan.


Keywords


Kompetensi, instruktur, vocational skill

Full Text:

Untitled

References


https://id.wikipedia.org/wiki/Instruktur_Latihan_Kerja diakses pada 30 November 2018

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 183 Tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Administrasi Profesional

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Standar Balai Latihan Kerja.

Prof. Dr. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.