UPAYA PENINGKATKAN KETRAMPILANMENGAJAR GURU MENGGUNAKAN METODE PAIKEM VARIATIF MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMK HUSADA PRIMA SAMARINDA

Abdul Haris

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilanmengajar para guru dalam menggunakan Metode PAIKEM Variatifmelalui supervisi Kepala Sekolah di SMK Husada Prima, Samarinda, pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan  populasi sekaligus sampel ini dilakukan pada 18 orang guru. Adapun keberhasilan guru per-orang diukur dari minimal mendapatkan tingkat Kreteria Menggunakan Metode PAIKEM Variatif(MMP) : 75 % dari metode metode yang digunakan dengan prosentasi pencapaian minimal 75 % orang gurudari 18 orang yang ada. PTS ini dimulai dari kondisi nyata pada semester-semester  sebelumnya, di mana guru-guru dalam mengajarlebih  menggunakan metode ceramah,tanya-jawab dan drillsecara berulang sehari-harinya di kelas. Walaupun dalam pembelajaran sehari-hari sudah ada metode metode yang digunakan  guru masuk ke dalam kelompok scientific approachseperti drill, tetapi  masih sangat terbatas padahal masih banyak banyak metode-metode scientific approach lainnya yang perlu dikuasai untuk diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari.  Untuk meningkatkan ketrampilan paedagogikini, dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dengan melalui 2 kali siklus tindakan, dandiperoleh hasilnya sebagai berikut :pada siklus I guru memperoleh nilai MMP: sebanyak  4orang ( 22%) guru yang menerapkan PAIKEM Variatif dari 18 orang guru yang ada, kemudian pada siklus II : meningkat singnifikan menjadi sebanyak  14orang (78%).  Dari pelaksanaan PTS dengan supervisi oleh kepala sekolah kepada guru dalam menggunakan metode PAIKEM Variatif inihasilnya mampu mendorong peningkatan kompetensi paedagogik guru mengaplikasikan metode PAIKEM Variatifdalam pembelajaran  di kelas.


Keywords


Supervisi,metode PAIKEM Variatif

References


Aina Mulyana, 2010, Laporan PTS : Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Melalui Penerapan PAIKEM Dalam KBM di SMPN 2 Cikeusik, Pandeglang, (http://ainamulyana.blogspot.com/2011/contoh-laporan-penelitian-tindakan_o8.html

Insiklopedia Bahasa Indonesia Online (2019).

Isjoni dan Mohd.Arif Hj. Ismail, 2012, Model-Model Pembelajaran Mutakhir, Perpaduan Indonesia-Malaysia, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kartini Kartono, 1980, Pengantar Metodologi Riset, Bandung : PT Alumni.

Moch. Agus Krisno Budiyanto, 2016, Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning, Malang, Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Nana Sudjana, 1991, Karya Tulis Ilmiah, Bandung : PT Sinar Baru.

Permendiknas, Nomor 13 Tahun 2007, tentang Standar Kepala Sekolah,

Sofian Effendi dan Chris Manning, 1989, Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3ES.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Tindakan Komprehensif, Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto, 1993, Prosedur Penelitian, Jakarta : PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.