MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI INSIDE – OUT CIRCLE, SISWA KELAS XII-A, SMK HUSADA PRIMA, SAMARINDA, SEMESTER GANJIL, TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Akhmadianor Akhmadianor

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan ketrampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan strategi Inside - Out Circle   Siswa kelas XII-A  dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang, terdiri atas 3 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Sebagai pelaksana tindakan adalah penulis sendiri dibantu dengan 1 orang teman guru mata pelajaran sejenis. Teknik pengumpulan data yang digunakan : teknik observasi, tes perbuatan atau praktek berbicara  dan studi dokumen. Instrumen pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Praktek. Teknik analisa data memanfaatkan model analis mengalir yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data deskripsi data dan penyimpulan atau verifikasi yang didasarkan pada persentasi dan KKM individual dan klasikal. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa melalui straregi Inside-Out Circle dapat meningkatkan ketrampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XII-A SMK Husada Prima Samarinda tahun pelajaran 2019/2020, sebagaimana perolehan pada siklus I : sebanyak 10 orang (63 %) siklus II : sebanyak 14 orang (88,20 %). Dalam pelaksanaan penelitian dengan Strategi Inside – Outside Circle ini metode ini mampu meningkatkan ketrampilan berbicara.


Keywords


Inside – Outside Circle, meningkatkan, ketrampilan, berbicara

Full Text:

Untitled

References


Barkley, E. Elizabert, dkk, 2005, Collaborative Learning Techniques, Bandung : Penerbit Nusa Media.

Enclopedia Merriem Webster (Online) 2019.

H.E.Mulyasa, 2011, Praktek Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Insiklopedia Bahasa Indonesia Online (2019).

Kartini Kartono, 1980, Pengantar Metodologi Riset, Bandung : PT Alumni.

Nana Sudjana, 1991, Karya Tulis Ilmiah, Bandung : PT Sinar Baru.

Smith, Karl, 1995, Strategies for Effective teaching. A Handbook for Teaching Assistants, Minnesota, University Winconson.

Sofian Effendi dan Chris Manning, 1989, Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3ES.

Suharsimi Arikunto, 1993, Prosedur Penelitian, Jakarta : PT Rieka Cipta.

Suharsimi Arikunto, dkk, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT Bumi Aksara.

www.InvestorED.cs

Zainal Aqib, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.