ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN PADA FKIP UNLAM BANJARMASIN

Enny Kartini Kartini

Abstract


Pelayanan memuaskan jika layanan dirasakan sama atau melebihi kualitas layanan yang diharapkan. Persepsi dan ekspektasi  pelanggan  tercermin pada dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati).  Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kualitas layanan pendidikan dan kepuasan mahasiswa Jurusan PIPS terhadap pelayanan pendidikan di FKIP Unlam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kulifikasi kualitas/mutu layanan pendidikan oleh FKIP Unlam kepada mahasiswa Jurusan PIPS adalah sedang. Hasil Importance dan performance analysis menunjukkan bahwa mahasiswa Jurusan PIPS merasa puas dengan kinerja FKIP Unlam terutama dalam hal kemampuan dosen dalam mengajar.


Keywords


Kepuasan Mahasiswa, Kuliatas Layanan Pendidikan

Full Text:

Untitled

References


Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2006. Marketing Management. Twelfth Edition. New Jersey : Upper Saddle River

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prasetyo, B dan Miftahul, L. J. ( 2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rahayu, Amy. Y. S. (2003). Menciptakan Mutu Pendidikan Tinggi, Jurnal Bisnis dan Birokrasi, No. 03/Vol. XI/ September. Hal 11-19.

Rangkuti, F. (2002). Measuriming Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Edisi Baru. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tampubolon, Daulat. P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu (Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-21). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F. (2000). Manajemen jasa, Yogyakarta: Andi Offset.

Wijanto, S. (2009). Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif dan Ekonomis (Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan dan Mutu Lulusan). Jakarta: Salemba Empat.

Yamit, Z. (2001). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.

Yazid. (2001). Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.