EFEKTIVITAS MIND MAPPING DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DAN KREATIVITAS SISWA

Surtiyo Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan mind mapping sebagai usaha untuk membangun budaya literasi dan kreativitas siswa dalam membaca cepat sebuah buku dan menggali kreativitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Samarinda berjumlah 240 orang, sedangkan sampel yang diambil adalah 40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan efektivitas pengembangan mind mapping dalam meningkatkan minat baca dan kreativitas siswa. Instrumen penelitian menggunakan media gallery buku dan tugas-tugas yang berkaitan dengan literasi seperti membaca buku non pelajaran selama 15 menit, membuat sinopsis, dan membuat mind mapping. Data pada penelitian ini teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui metode wawancara dan observasi. Adapun teknik analisa data dilakukan secara kwalitatif, yaitu analisa yang dijelaskan dengan uraian yang berbentuk kalimat, bukan berupa angka-angka baik secara deduktif maupun induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping dapat membantu dalam membangun budaya literasi dan kreatifitas siswa SMAN 10 Samarinda.  Mind mapping membantu membuat materi belajar. Terkadang siswa menggunakan mind mapping sebagai coretan awal semua ide yang terlintas saat mengembangkan sebuah topik. Coretan awal inilah yang dituangkan dalam karya seni yang indah. Di saat lain, mind mapping digunakan untuk mempelajari bahan ajar. Di sinilah mind mapping membantu siswa menemukan ide utama materi dan menyusun slide dengan benang merah yang sesuai. Metode mind mapping juga bisa digunakan untuk brainstorming, jembatan diskusi, berbagi ide, bahkan mengerjakan proyek bersama.


Keywords


mind mapping; literasi; kreatifitas;

Full Text:

PDF

References


Acep Hermawan, Implementasi Pendidikan Karakter, http://www.klik-galamedia.com, diakses pada 12 Mei 2016.

Akhmad Sudrajat, Konsep Pendidikan Karakter, http://akhmadsudrajat. wordpress.com, diakses pada 12 Mei 2016.

Alwi, Hasan, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Anton, Peta Pikiran: Mind Mapping, http://pkab.wordpress.com/ [7-4-2012]

Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas, 2010, Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas.

Beers, dkk. 2009, A Principal’s Guide to Literacy Instruction, Jakarta: Modul GLS.

Dharmalana, Konsep Pendidikan Karakter, http://dharmalana.blogspot.com, diakses pada 12 Mei 2012.

Doni A. Koesoema, 2007, Pendidikan Karakter,Jakarta: Grasindo.

Dony Purnomo, Pengertian Pendidikan Karakter, http://www.yudinet.com, diakses pada 12 Mei 2016.

Hartono, Pengertian Pendidikan, http://fatamorghana.wordpress.com, diakses pada 12 Mei 2016.

Kemdikbud, 2016, Modul Gerakan Literasi Sekolah, Jakarta: Kemdikbud.

Kementrian Agama, Panduan Tugas Pokok Subdit Kesiswaan. (Makalah, tidak dipublikasikan). http://fatamorghana.wordpress.com

Lena, Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan, http://www.uny.ac.id, diakses pada 12 Mei 2016.

Riani, Asri Laksmi., dkk. 2005. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press)

Suharjono, (2009), Laporan Penelitian Tindakan Sekolah sebagai KTI dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

Suyanto, 2010, Urgensi Pendidikan Karakter, http://www.mandikdasmen. depdiknas.go.id/[20-9-2016]

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI, 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: IMTIMA.

Umi Chotimah, Karya Tulis Ilmiah sebagai Salah Satu Karya Pengembangan Profesi Guru, www.contoh-kti-info [19 September 2016]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.