KONTRIBUSI DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN HASIL SMASH BOLA VOLI OPEN PADA ANGGOTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMAN 10 SAMARINDA TAHUN 2019

Surtiyo Utomo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak tungkai dan kekuatan otot lengan dengan hasil smash open bola voli putra klub ekstrakurikuler SMAN 10 Samarinda tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode tes performance. Populasi penelitian adalah anggota klub ekstrakurikuler bola voli putra SMAN 10 Samarinda sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian adalah anggota klub ekstrakurikuler bola voli putra SMAN 10 Samarinda sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian berupa tes daya ledak tungkai sargent jump dari Widiastuti, tes kekuatan otot lengan dengan push-up dari Widiastuti, dan tes open smash dari Nurhasan untuk mengukur hasil smash open. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, korelasi ganda, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat dan signifikan antara  daya ledak otot tungkai dengan hasil smash open pada pemain klub ekstrakurikuler bola voli putra SMAN 10 Samarinda tahun 2019. Hal ini ditunjukkan dari nilai rx1 (0,943) lebih besar dari r tabel (0,296) dan p=0,05. Demikian juga dengan kekuatan otot lengan dengan hasil hasil smash open dimana nilai rx2 (0,975) lebih besar dari r tabel. Kontribusi yang diberikan oleh kekuatan otot lengan ternyata lebih besar dibandingkan dengan daya ledak otot tungkai dengan hasil smash open pemain ekstrakurikuler bola voli putra SMAN 10 Samarinda tahun 2019. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien determinasi dimana kekuatan otot lengan memberi kontribusi 97% dan daya ledak otot tungkai hanya 94%.


Keywords


Daya Ledak Tungkai, Kekuatan Otot Lengan, Smash Open

References


Barbara dan Bonnie. 2000. Bolavoli Tingkat Pemula. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Evan Dwi Agustiangga. 2016. Hubungan Tinggi Raihan Dengan Ketepatan Smash Open Atlet Bola Voli Putra Klub Yuso Sleman. Jurnal PKO.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Pres).

Harsono, 1998, Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching. Yogyakarta: CV. Dahara Press.

Iwan Kristianto. 2003. Pendidikan Jasmani. Surakarta: Yudistira.

M. Yunus, 1992, Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud.

Nurhasan. 2000. Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Bandung: Fakultas Pendidikan dan Kesehatan UPI.

Riski Adi Hapsoro. 2013. Hubungan Powerotot Tungkai, Kelincahan, Dan Power otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Semi pada Atlet Putri Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Voli Unnes Tahun 2012. Jurnal. Semarang: UNES.

Sajoto, 1995, Peningkatan dan Pembinaan Kondisi Fisik, Jakarta: Depdikbud.

Sahid Raharjo. Makna Koefisien Determinasi (R Square) dalam Analisis Regresi Linear Berganda. www.spssindonesia.com. Diakses tgl 29 Juni 2020.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. ALFABETA.

Suharno. 1985. Ilmu Coaching Umum. Yogyakarta: FKIP IKIP.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi, 2000, Analisis Regresi, Yogyakarta: Andi Offset.

Widiastuti. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya

Viera, Barbara R, Bola Voli Tingkat Pemula, Jakarta: Devisi Buku Sport

Gurupenjaskes.com/teknik-dasar-bola-voli diakses tgl 29 Juni 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.