FULL DAY SCHOOL : MODEL SEKOLAH DENGAN KEUNGGULAN AKADEMIK

elbadiansyah elbadiansyah

Abstract


Full day school adalah pengembangan sekolah yang mengedepankan pembelajaran secara penuh sepanjang hari dimulai semenjak 06.45 s.d 15.30 dengan durasi istirahat setiap dua jam sekali, sekolah diberikan kebebasan untuk mengatur jadwal pembelajaran sesuai bobot mata pelajaran ditambah dengan pendalaman secara informal, proses pembelajaran terintegrasi dengan ektrakurikuler sekolah. Konsep ini sekaligus menawarkan bahwa belajar tidak selamanya berada di dalam kelas (indoors) tetapi juga belajar dapat dilakukan di luar kelas (outdoors) atau di lingkungan sekolah. Full day school sangat memungkinkan sebuah pendidikan yang terintegratif yaitu menggabungkan berbagai potensi kecerdasan para pembelajar.


Keywords


Pengambangan, Sekolah, Anak

References


Abdulsyani. 2007. Sosiologi Skematika. Teori dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara

Elbadiansyah.2018. Manajemen Pendidikan. Malang: Penerbit CV.IRDH (Research & Publishing)

Hamalik Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara

Hariyono Paulus. 2007. Sosiologi Kota Untuk Arsitek. Jakarta : PT Bumi Akasara

Hasbullah. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok : Penerbit PT Raja Grafindo Persada

Satori Djama’an dan Komariah Aan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.