EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD ARSA MUDA DESA LOA RAYA

Dianisa Zenith, Zaenab Hanim, Hasbi Sjamsir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pelaksanaan permainan tradisional dalam pengembangan gerak manipulatif anak usia 4-5 tahun, 2) Efektivitas pelaksanaan permainan tradisional dalam pengembangan keterampilan gerak manipulatif anak usia 4-5 tahun, 3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan permainan tradisional dalam pengembangan keterampilan gerak manipulatif usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah 1 kepala sekolah, 2 guru dan 5 orang anak di PAUD Arsa Muda. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk tabel dan verifikasi atau kesimpulan data. Uji kredibilitas data agar penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan pemeriksaan kepercayaan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) PAUD Arsa Muda Desa Loa Raya dalam proses pelaksanaan efektivitas permainan tradisional dalam pengembangan gerak manipulatif menggunakan sentra, diantaranya adalah sentra persiapan, sentra alam, sentra balok dan sentra seni. Selama proses penelitian berlangsung PAUD Arsa Muda menggunakan permainan tradisional asin senter, egrang, bakiak dan lompat karet. 2) Efektivitas permainan tradisional dalam pengembangan gerak manipulatif pada setiap permainan tradisional sudah optimal dan efektif dalam pelaksanaannya melalui pemberian kesempatan pada anak untuk praktek di lapangan. 3) Kendala yang dihadapi di antaranya adalah lapangan yang becek karena permainan tradisional biasanya dimainkan di luar ruang kelas, cuaca yang kurang mendukung sehingga anak-anak telat hadir, ruang kelas yang kecil serta keterbatasan jumlah guru yang menangani anak-anak pada saat proses permainan berlangsung dan waktu yang kurang efektif.


Keywords


Efektivitas permainan tradisional, gerak manipulatif.

References


Aulia, Baiq Nunike Resti. 2018. Mengembangkan alat permainan tradisional engklek untuk meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD Mutiara Hati tahun ajaran 2017/2018. Universitas Mataram Repository http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5127

Hasanah, Nunung Uswatun, M. Thoha Sampurna Jaya, and Maman Surahman (2018) Bermain lompat tali dan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Pendidikan Anak 4(1) http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14957

Laely Khusnul, & Dede Yudi, 2017. Pengaruh Permainan Bakiak Terhadap Peningkatan Kecerdasan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Magelang http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1559

Morrison, George. S. 2008. Fundamentals of Early Childhood Education. 5th edition. Person Education, Inc. Edisi bahasa Indonesia. Romadhona, Suci. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Rahmadani, Ni Kadek Aris, Lita Latiana, and R. Agustinus AEN. (2017) The Influence of Traditional Games on The Development of Children's Basic Motor Skills." International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-17/25889759

Nirmala, Besse. Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Palu Barat Sulawesi Tengah. Bungamputi 4(2) http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/11836

Nur, Haerani. (2013). Membangun karakter anak melalui permainan anak tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter 1 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1290

Palenewen, Evie. 2015. Pedoman Guru Taman Kanak-kanak: Belajar Sains Melalui Bermain. Samarinda: Mulawarman University Press.

Paradisa, Tria, and Hesti Asriwandari. (2017). Permainan tradisional lompat tali merdeka sebagai media pelaksanaan proses game stage di SD Negeri 94 Pekanbaru. Riau University https://media.neliti.com/media/publications/200764-none.pdf

Perdani, Putri Admi. (2014) Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini 8.(1). 129-136. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/64

Saputri, Vicky Agus, and Purwadi Purwadi. (2017). Upaya meningkatkan motoric kasar anak melalui metode permainan tradisional egrang bathok kelapa pada kelompok B di RA Taqwal Ilah Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 4(1) http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/1654

Sayyidatul Hafidhoh, Gerak lokomotor dan non lokomotor, 2016 (sayyidatul-lok-nonlok.blogspot.sg/2016/06/profil-nama-hafidhoh-tempattgl-08.html?m=1 diakses pada 9 maret 2018 pukul 18.21)

Siska, Sevtri Dani, Daviq Chairilsyah, and Febrialismanto Febrialismanto. Pengaruh permainan bakiak terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di Paud As-shifa Citra Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Diss. Riau University. https://www.neliti.com/publications/204733/pengaruh-permainan-bakiak-terhadap-kemampuan-motorik-kasar-pada-anak-usia-5-6-ta

Sumantri, M. Syarif, and Tjia Endrawati. Kemampuan sosialisasi dan gerak manipulative anak usia dini. https://doi.org/10.21009/JIV.0802.3

Sumantri, M. Syarif. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ulfatun Siti, 2014, Pelaksanaan Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak di TK ABA Rejodani Sariharjo Ngalik Sleman Yogyakarta, online, Jurnal UIN Sunan Kalijaga

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional-/ diakses pada 2 Februari 2018 pukul 10.30

Wikipedia, 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini. Diakses pada 19 Februari 2018 pukul 05.00

Wulansari Putri, (2012). Penggunaan permainan tradisional egrang batok untuk meningkatkan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo II Gresik. PAUD Teratai 2(1) https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/838


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.