PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN PADA MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA

supriyanto supriyanto, Mahmudah Hasanah, Muhammad Saidillah

Abstract


Pengangguran adalah masalah yang sangat serius yang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini, dan ini adalah hasil dari banyak orang yang hanya memikirkan mencari pekerjaan daripada menciptakan pekerjaan mereka sendiri.Salah yang dapat dilakuakan dalam mengatasi masalah pengangguran adalah dengan menimbulkan ketertarikan mahasiswa dalam berwirausaha.Tujuan dalam kajian ini untuk mengidentifikasi: (1) Penerapan media sosial pada ketertarikan wirausaha. (2) pengetahuaan kewirausahaan pada minat wirausaha. (3) penggunaan media sosial dan pengetahuan kewirausahaan kepada minat berwirausaha. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan pengambilan sample menggunakan stratified random sampling. Teknik analisis prasyarat mencakup tes keadaan normalitas dan linier.Uji regresi berganda yang dipakai dalam uji hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian, hasil berikut dapat diperoleh: (1) Media sosial memiliki pengaruhakan minat berwirausaha dengan Tcount>Ttable (6,721>1.983). (2) Pengetahuan kewirausahaanberpengaruhakan minat berwirausaha ditunjukan Tcount>Ttable (5,840> 1.983). (3) Media sosial dan pengetahuan kewirausahaan secara simultan memiliki pengaruh akan minat berwirausaha ditunjukkan nilai Fcount>Ftable = 97,948> 3,090.

 


Keywords


Media sosial, Pengetahuaan kewirausahaan, Minat berwirausaha

References


Aditya, R. (2015). Pengaruh media sosial instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi pekanbaru. Jurnal Fisip, 2, 1-14.

Arikunto, S. (2006).Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik.Jakarta: Rineka cipta.

Iskandar.(2012). Efektivitas pendidikan kewirausahaan dalam mengembangkan intensi kewirausahaan mahasiswa.Disertasi.SPS UPI Bandung.

Kuntowicaksono.(2012).Pengaruh pengatahuan wirausaha dan kemampuan memecahkan masalah wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa sekolah menengah kejuruan. Journal of Economic Education.1 (1).46-52.

Nurjanah, S. ( 2014 ). Pengaruh penggunaan media sosialfacebook terhadap perilaku cyberbullying pada siswa SMAN 12 Pekanbaru. JOm Fisip1 (2)

Suardi, M. (2015).Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta : Depublish Publisher.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta

Widayana, L. (2005). Knowladge management, meningkatkan daya saing bisnis. Malang: Bayu Media.

Widoyoko, E.P. (2015).Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunita, A. (2012). Pengaruh word of mouth, iklan, dan atribut produk terhadap keputusan pembelian dan loyalitas konsumen.Jurnal Manajemen Teknologi, 11, (1), 75-95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.