PENGARUH IKLAN ONLINE “PIXY” PADA SITUS YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWI IKIP PGRI KALTIM TAHUN 2019

Tri Widyasari Widyasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan online “PIXY” pada situs youtube terhadap minat beli mahasiswi IKIP PGRI KALTIM tahun 2019, dengan populasi mahasiswi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dimana sampel dalam penelitian sebanyak 88 orang mahasiswi yang telah menonton video pada YouTube Chanel Tasya Farasya “Uji Ketahanan PIXY Make It Glow Series”.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penyebaran angket. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Setelah dilakukan uji regresi linear sederhana didapat persamaan regresi yaitu  .

Selanjutya dilakukan pengujian hipotesis, yang diketahui nilai p = 0,000 dengan nilai  sehingga nilai , dengan demikian H0 ditolak dan H1diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh iklan online “PIXY” pada situs YouTube terhadap minat beli mahasiswi IKIP PGRI KALTIM tahun 2019, dengan besar pengaruh 45,4%. Sedangkan 54,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Iklan, Minat Beli

References


Abdurachman. 2004. Jurnal Analisis Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung. Hal. 40.

Alvysta, Rizca. 2018. Jurnal Pengaruh Video Testimonial Oleh Youtuber Indonesia Terhadap Citra Merek Handphone Vivo. Hal. 2.

Dianawati, Ajen. 2007. 6Rahasia Menjadi Jutawan Internet. Jakarta: PT.Transmedia.

Latief, Rusman dan Yausiatie Utud. 2015. Siaran Televisi Nondrama, Kreatif, Produktif, Public Relation dan Iklan. Jakarta: Kencana.

Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan, Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Moriarty, Sandra, dkk. 2009. Advertising. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nainggolan, Nora Pitri dan Heryenzus. 2018. Jurnal Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Hal 45.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunkasi Pemasaran Terpadu Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran.Malang: Universitas Brawijaya.

Sumajaya, Tikak. 2016. Rahasia Jitu Berpromosi Dengan Google Adwards. Jakarta: PT. Elex Media Kamputinda.

Sugiyono. 2016. Metode Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Ulun, M. Bahrul. 2017. Pengaruh Iklan Media Cetak dan Online Terhadap Minat

Memilih Perguruan Tinggi IBI Darmajaya Pada Siswa/I Kelas XII SMA Sederajar Di Kota Terpadu Mnadiri Mesuji Timur. Hal. 23.

Wahjono, Sentot Imam. 2010. Majamen pemasaran BANK. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zaharuddin, Harmaizar. 2006. Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi: CV. Dian

Anugerah Prakasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CENDEKIA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.